Jumat, 15 Oktober 2010

Instalasi Java Development Kit (JDK)

Untuk membangun aplikasi dengan Java, ada beberapa perangkat lunak yang kita perlukan antara lain :
  1. Java Development Kit (JDK) yang berisi tool pendukung untuk pengembangan aplikasi.
  2. Java Runtime Environment (JRE) yang mana adalah tempat program java dijalankan, didalam JRE biasanya sudah tersedia sebuah Java Virtual Machine (JVM),JRE sendiri akan dipakai pada saat aplikasi akan didistribusikan, akan tetapi bagi pengembang aplikasi, memasang JDK saja sudah cukup, karena didalam JDK juga sudah disediakan JRE.
  3. Integrated Development Environment (IDE) jika diperlukan, IDE sendiri dapat mempermudah pengembang dalam menuliskan kode, berbeda halnya dengan membuat kode memakai text editor biasa seperti Notepad, pemakaian IDE akan sangat membantu.
Disini kita akan mencoba memasang perlengkapan diatas pada Windows XP, berikut tahap-tahap untuk memasang JDK :



  • Download file installer JDK Windows version (jdk-6u22-windows-i586.exe / versi per Oktober 2010) disini (link aktif per Oktober 2010).
  • Kemudian Jalankan file installer tersebut untuk memasang JDK di komputer anda hingga muncul dialog seperti gambar dibawah.
  • Kemudian klik Next untuk menuju ke dialog selanjutnya dan tunggu hingga progres selesai, sampai muncul dialog dibawah ini :
  • Pilih lokasi pemasangan JDK (sebaiknya biarkan secara default), jika sudah selesai bisa langsung klik Next untuk proses selanjutnya, tunggu proses yang sedang berjalan hingga muncul dialog lokasi pemasangan JRE (sebaiknya biarkan secara default) seperti gambar dibawah ini :
  • Pilih Next jika sudah selesai, tunggu proses yang sedang berjalan hingga selesai
  • Klik Finish dan proses instalasi JDK telah selesai
Selanjutnya kita akan melakukan beberapa settingan agar lebih mudah dalam penggunaannya, dan sedikit testing pembuatan aplikasi sederhana untuk melihat kinerja dari JDK yang telah terinstal. Nah sekarang kita akan mencoba perintah javac -version pada command promp windows :

javac adalah salah satu tool yang termasuk dalam JDK yang berfungsi untuk melakukan kompilasi terhadap kode java, tapi apa yang terjadi pada saat kita memanggil program javac ? seperti terlihat pada gambar, pesan error yang ditampilkan, bahwa javac tidak dikenal, oleh karena itu kita harus melakukan sedikit settingan agar windows dapat mengenal program javac tersebut, dalam Windows XP terdapat fasilitas Path yang dapat diatur oleh pengguna, untuk cara setting Path di Windows silahkan lihat disiniOK, jika setting Path sudah selesai, mari kita lihat hasilnya :

Terlihat perintah javac -version bekerja dengan baik, hasilnya menampilkan versi javac yang ada, jika sudah sampai tahap ini, berarti JDK sudah terinstal dengan baik dan dapat langsung digunakan untuk pembangunan / pengembangan aplikasi Java.
Nah, jika anda ingin menggunakan alat bantu pengembang berupa IDE dalam hal ini kita ambil contoh Netbeans IDE, tinggal download dan instal tanpa harus pusing lagi dengan proses pemasangan JDK, untuk cara instal Netbeans IDE bisa dilihat disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar