Rabu, 26 November 2008

java 1

hari ini saya mulai belajar java, ini memang murni dari keinginan saya sendiri untuk belajar java, ya.. perasaan yang menggebu-gebu sepertinya (semoga saja tidak panas-panas taik ayam :D), saya sudah pernah mencoba salah satu satu bahasa pemrograman, vb, itupun bisa dibilang sedikit sekali kemapuan saya, yah wajar saja kalau saya masih agak bingung dengan bahasa yang baru, berikut contoh program saya yang pertama, yap!! seperti biasa, program yang dikenal diseluruh dunia yaitu "Hello Word" :)




/*Contoh Program Java Sederhana
*/

class HelloWord {
//Awal Program selalu dimulai dari main ()
public static void main (String[] arg) {
System.out.println("Hello word java ..., ini adalah latihan pertamaku :D");
}
}

kode diatas ditulis pada notepad, yang kemudian disimpan dengan nama "helloword.java", compile kode diatas dengan program javac.exe



compile :
javac helloword.java

kemudian kita bisa menjalankan program java kita dengan cara memangil class yang telah kita buat didalam badan program, disini saya akan memanggil HelloWord:



java HelloWord

maka akan menghasilkan :
Hello word java ..., ini adalah latihan pertamaku :

dalam penulisan kode saya menggunakan Notepad++ agar lebih mudah dan kode nya lebih enak dilihat :), anda bisa dowload secara gratis di sini

3 komentar: