Kamis, 27 November 2008

java - kontrol alur

setelah melewati beberapa pelajaran java pada kontrol alur eksekusi program, saya akhir nya punya titik terang pada bahasa java itu sendiri :) ,  yah.. makin semangat deh, pelajaran yang saya lewati adalah :

seleksi "if" mengikuti ketentuan sebagai berikut :

if(kondisi) {
 pernyataan1;
}
else {
 pernyataan2;
}

"switch" mengikuti ketentuan sebagai berikut :
switch () {
 case nilai1: pernyataan1;
  break;
 case nila2: pernyataan2;
  break;
 default : pernyataandetault;
}

iterasi / pengulangan terdiri atas :

"while" mengikuti ketentuan :
while (kondisi) {
 pernyataan ..;
}

"do..while" mengikuti ketentuan :
do {
 pernyataan yang akan diulang;
} while (kondisi);

dan "for" mengikuti ketentuan :
for (initialisasi;kondisi;iterasi) {
 blok perulangan;
}

setelah melewati pelajaran diatas, saya dihadapkan dengan soal yang agak rumit memang bagi saya, saya disuruh membuat program yang menghasilkan output :
      *
     * *
    * * *
   * * * *
  * * * * *
 * * * * * *
* * * * * * *

setelah sekitar 1 jam berusaha, akhirnya saya mendapatkan jawabannya juga hehehe, ini dia :
class quis3 {
 public static void main (String[] args) {
  int x=7,y,a;
  label1: while (x-->0) {
   y=0;
   while (y++<7 br="">    System.out.print(" ");
    if(y>x) {
     System.out.print ("*");
     for (a=7-y;a>0;a--) {
      System.out.print(" ");
      System.out.print ("*");
     }
     System.out.println();
     continue label1;
    }
   }
  }
 }
}

yeah...wahahaha, sekarang masuk pelajaran class, semoga tulisan ini terus berlanjut

5 komentar:

  1. Taher, cara buat tulisannya code yg ada angkanya bijimana?

    Eh, masih suka kaligrafi? Jangan dipendam itu kemampuan

    BalasHapus
    Balasan
    1. baru keliat pesannya masuk ke spam ben... masih suka khat juga kah ?

      Hapus
  2. untuk penulisan code aku pakai plugin wp-admin, download aja ben, gratis kok :), kalo khaligrafi aku masih suka, yang namanya seni itu indah, tapi sudah lama tidak main khat lagi..., sekarang mulai belajar seni programing, mudah-mudahan berlanjut terus ben

    BalasHapus
  3. eh.. sory bukan wp-admin hehehe, tapi wp-syntax

    BalasHapus
  4. Mantap, jeut ta meuruno di sinoe...

    BalasHapus